Entri Populer

Senin, 07 Februari 2011

Mencoba mendisiplinkan diri


Beberapa waktu terakhir, saya merasa sangat tidak disiplin dengan apa yang telah saya rencanakan. Meskipun memang tidak membuat saya datang terlambat ke tempat bekerja saya di SMK Nasional, tapi pada beberapa kegiatan yang baik dan mestinya saya lakukan tapi justru kebalikannya, dan hal ini berdampak buruk. Saya menjadi indisiplin. Saya dapat menganalisa penyebabnya, tapi sulit keluar dari masalahnya. dan ini buruk. Untuk itu haruslah segera diselesaikan agar tidak berkepanjangan..

Berawal dari kesalahan daftar paket internet, dalam waktu yang singkat saja saya sudah menghabiskan uang Rp 70ribu. Bukan uang yang sangat besar memang, tapi ini cukup membuat saya sadar betapa kacaunya kontrol diri saya. Mulai dari financial, akhirnya merenung ke aspek yang lain...

oke, saya akan menganggap ini sebagai sebuah teguran, dan saya bersyukur Allah SWT masih mengingatkan. Bismillah, saya akan memulainya.....

kemudian saya hanya tau bahwa saya perlu menghentikannya, dan belum menentukan hukuman apa yang perlu saya berikan pada diri ini sampai seorang sahabat didunia maya menanyakan hukuman apa. Dan kemudian otak saya dengan cepat menuliskan 3 hal: no internet connection at night (for a month), have to read a book in a week, and should not buying food (in resto). Sementara ketiga hal ini akan menyibukkan saya dalam sebulan. Sebenarnya ia juga menyarankan untuk menulis tentang psikologi dalam blog saya ini. Ide yang bagus...... ^^

Baiklah, bagi kawan-kawan yang mungkin mengalami masalah yang sama tentang indisipliner ini, ada beberapa tips yang bisa digunakan to make us in our track ^^. tips ini diambil dari berbagai sumber, dan silahkan pilih mana yang sesuai dengan diri kalian masing-masing....

-------------
Disiplin adalah suatu latihan pikiran. Jika alarm berbunyi pada pagi hari dan anda malah menarik selimut menutupi kepala anda, maka anda sedang melatih pikiran anda untuk tidak disiplin.



  1. Harus ada niat buat mematuhi apa yg kita rencanakan.
    Bagaimana pun segala sesuatunya harus bermula dari niat yang baik, jadi berusahalah untuk memiliki niat yang kuat untuk berubah menjadi disiplin

2. Jadikan disiplin adalah sebuah permainan.
Disiplin menunjukkan pikiran yang dibiasakan. Anda tidak bisa mengharapkan diri anda tiba-tiba disiplin. Disiplin bukanlah sesuatu yang bisa dinyalakan atau dimatikan. Ia adalah otot pikiran yang perlu dilatih dan dibiasakan.
Buatlah sebuah komitmen untuk melakukan sesuatu setiap hari. Tentukan sebuah hukuman jika anda gagal. Ingatlah, jangan dibiasakan untuk mentoleransi kegagalan anda dalam melakukan komitmen tersebut karena bila dibiasakan maka anda tetap akan menjadi “disiplin,” namun dalam hal ini “disiplin menunda sesuatu.”



3.. Jangan gunakan kegagalan sebagai alasan untuk menurunkan disiplin, segeralah kembali ke jalur secepatnya.
Disiplin bukanlah hal yang dilakukan sekali saja. Ia mesti dilakukan secara terus menerus agar terbiasa. Sebagai manusia tentu kita tak luput dari kesalahan. Pada suatu waktu kita pasti tergelincir dan tidak disiplin. Apabila seperti itu maka segeralah kembali ke jalur, jangan ditunda.
Sekali anda mempunyai sasaran yang jelas dalam pikiran, dengan gangguan yang minimal, maka disiplin akan menjadi mudah.
  1. Berikan Reward
    jika kamu sudah menjalankan rencana atau agenda atau bahkan mendapatkan target yang sudah ditentukan, bolehlah memberikan reward kepada diri sendiri, minimal dengan memberikan pujian seperti: ternyata aku mampu menjadi orang yang disiplin. Tapi jangan memberikan kesenangan berlebihan, khawatir membuat kamu jadi terlena lagi....

Demikianlah, sangat berharap ini mampu membuat saya kembali pada jalur yang benar.... ^^


3 komentar:

  1. Setuju banget... namun agak susah juga ya untuk menghukum diri sendiri apalagi kalau hukuman nya kita juga yang ciptakan....mungkin akan lebih baik jika kita punya teman baik yang akan mengingatkan kita baik itu tentang kedisiplinan nya maupun tentang rencana hukuman yang akan kita berikan kepda diri kita...;)

    BalasHapus
  2. wah, tips yang selanjutnya tuh....
    kasih tau keorang lain tentang target kita untuk mendisiplinkan diri....

    trims...^^

    BalasHapus
  3. wah tenq mb tipsnya ini saya sudah keracunan indisipliner nihh ngantor jam 12 pulang jam 3 wkwkwkw gaji mau full kerjaan dianggurin (betah sih wkwkwk ) lol
    salam nal n salm hangat :)

    BalasHapus