Entri Populer

Minggu, 13 Februari 2011

Manajemen waktu = Me time (bagi para ibu)


Ahad, 13 Februari 2011

Tidak banyak yang saya lakukan, karena dirumah memang lagi banyak orang. Kami kehadiran anggota keluarga baru. Selamat datang Athifah Nurul Khalisah. ^^ Disaat sedang tamu-tamu berbincang itulah saya menemukan buku, agenda sebenarnya. Kalau dilihat dari sampulnya, ini adalah hadiah dari susu Dancow dan majalah Ayahbunda. (saya akan menyimpannya selalu...)

Membaca itu, saya pikir ini benar2 buku agendanya para ibu banget. Disetiap halamannya, dituliskan semacam kata-kata bermakna, dan itu berbeda tiap halamannya. Saya pikir sipenulis niat banget membuat agenda ini, saking banyaknya kata-kata dari berbagai tokoh. Disana juga dituliskan berbagai tips bagi para ibu dalam menjalankan perannya. Cocok sekali judulnya:” Embracing Motherhood”. Bagi yang memilikinya, selamat menerapkan dan saya yakin anda akan menjadi ibu yang luar biasa...

Nah, saya akan berbagi satu artikel yang ada didalamnya. Saking banyaknya tugas seorang ibu, kadang ia kekurangan waktu untuk dirinya sendiri. Tenang, sebenernya itu bisa kok diatasi. ^^ Meskipun saya belum bisa menerapkannya, saya tuliskan dulu aja. Dan suatu hari nanti pasti akan sangat berguna untuk diri saya sendiri karena ini bagus sekali untuk digunakan bagi para istri sekaligus ibu.

Baiklah, apakah anda merasa selalu kehabisan waktu dan tidak bisa bersantai? Padahal ingin sekali memanjakan diri dengan bercreambath-ria atau sekedar kumpul bareng teman-teman “seperjuangan” dulu??
Tenang, kelola waktu lebih efektif dan efisien dengan tips berikut!

  1. Buat Jadwal
    Bagi tugas-tugas rumah tangga ke dalam jangka waktu harian, tiga harian, mingguan atau bulanan. Misalnya, membersihkan kamar setiap hari, mencuci pakaian dua hari sekali, dan berbelanja satu pekan sekali. Dengan penjadwalan, penggunaan waktu akan lebih efisien, anda pun tidak kewalahan. Biasakan membuat to do list setiap hari dan beri tanda cek untuk tugas yang sudah diselesaikan. Jika ada tugas yang tidak selesai, cermati penyebabnya, apakah karena ada gangguan seperti ada tamu yang berkunjung dan itu cukup menyita waktu, atau anda kelelahan. Dengan mengetahui penyebab tugas tidak selesai, daftar tugas esok hari dapat dibuat dengan lebih realistis. Untuk tahap ini, kita sudah menghemat waktu selama 30 Menit.

  1. Fokus pada 'wilayah Bermasalah'
    Maksudnya adalah kita perlu mencurahkan ekstra perhatian pada area dirumah yang cepat kotor atau berantakan meski baru dibersihkan. Misalnya seperti ruang bermain, kamar tidur, kamar mandi dan dapur. Bersihkan daerah itu setiap hari dan jangan ditunda, karena bila ditunda bisa semakin kotor sehingga sulit dan butuh waktu lebih lama untuk membersihkan. Selalu sediakan keset dan mintalah kepada anggota keluarga atau siapapun yang datang kerumah kita untuk melepaskan alas kakinya. Dengan begitu, kita sudah meminimalisir kotornya lantai rumah.
    Hemat Waktu : 15 menit

  1. Organisir Perkakas
    Kategorikan benda-benda sesuai dengan fungsinya, misalnya satu kontainer untuk peralatan bersih-bersih, satu kontainer untuk alat tulis dan atau alat-alat lainnya. (agak hiperbol memang penggunaan kata-katanya ^^). setelah itu, letakkan ditempat yang anda kuasai. Dengan cara itu, para ibu tidak perlu membuang waktu untuk mencari-cari benda. Alangkah baiknya jika diinformasikan kepada anggota keluarga lainnya dan minta mereka untuk mengembalikan benda ke tempatnya semula setelah digunakan.
    Hemat waktu : 10 menit

  1. Belanja seminggu sekali
    Sebelum belanja, dahului dengan membuat daftar belanja dan memilih swalayan yang komplit agar tidak perlu pergi ke toko yang lain. Beli kebutuhan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Cara itu lebih hemat waktu, tenaga, bensin dan uang daripada bolak-balik ke pasar 2-3 kali per minggu. Pelajari cara menyimpan makanan agar bisa membeli bahan makanan untuk satu pekan.
    Hemat Waktu: 30 menit

  1. Beli barang – barang tidak terduga saat berbelanja mingguan.
    Ketika berbelanja, belilah bola lampu lampu cadangan, kado ulangtahun dan kertas kado. Dengan cara ini, anda tidak perlu berbelanja ditengah minggu hanya untuk membeli satu benda.
    Hemat Waktu : 30 menit

  1. Memasak dalam jumlah banyak dan simpan
    Buatlah lauk pauk dan bumbu dalam jumlah banyak, misalnya rendang, ayam/daging/ikan yang diungkep atau saos bolognaise. Untuk menghindari pemanasan berulang, simpan diwadah-wadah berukuran satu kali makan dan taruh di freezer. Pada jam makan, tinggal menambah tumis atau sayur rebus. Adanya stok makanan juga mencegah jajan atau membeli fastfood saat anda sedang malas memasak.
    Hemat waktu : 30 menit

  1. Libatkan keluarga dalam mengerjakan tugas-tugas rumah tangga
    Anak-anak 3 tahun keatas, sudah bisa dilibatkan untuk membantu pekerjaaan seorang ibu, lho.... Membantunya dengan cara misalnya diminta mandi sendiri, berpakaian sendiri, makan sendiri, membereskan mainannya, atau membawa bekas makanannya ke dapur. Tingkatkan tanggung jawabnya lebih luas lagi sesuaikan dengan kemampuannya. Misalnya seperti menyiapkan roti atau sereal sarapannya sendiri, melipat kaus kaki dan membantu anda mengangkat jemuran. Selain meringankan tugas anda, itu juga membantu anak belajar tentang tanggungjawab, melatihnya kerjasama dan membangun solidaritas.
    Hemat waktu : 10 menit

  1. Manfaatkan online
    Di era internet seperti sekarang, manfaatkanlah untuk membayar listrik, PAM, telepon dan lainnya sehingga tidak perlu buang waktu dan tenaga untuk pergi dan mengantri di ATM.
    Hemat waktu : 10 menit

  1. Kerjakan bersama
    da beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan bersamaan. Misalnya menyiapkan masakan saat mesin cuci bekerja, membersihkan kamar mandi saat anda mandi, melakukan transaksi online banking saat menunggu anak disekolah, dan sebagainya.
    Hemat waktu : 10 menit

Bagaimana tips diatas? Sangat menarik untuk diterapkan kan?? Nah, ketika semua sudah terorganisir, banyak ibu yang akan memiliki waktu luang untuk dirinya sendiri. Catatan: hemat waktu yang tertulis, bisa berbeda di setiap orang. Oke, selamat menjadi ibu yang cermat... ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar